SELAMAT DATANG DAN TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA.....SALAM ZERO WASTE.....SEMANGAT !!!

Kamis, 22 April 2010

PENYEBARAN VIRUS CYLING MELALUI DIKLAT




Dalam menangani masalah sampah ini sudah dilakukan berbagai upaya oleh pihak sekolah dalam tata tertib sekolah, Ikrar Hidup Bersih setiap Upacara hari Senin, apalagi dengan dimasukkannya PLH (Pendidikan Lingkungan Hidup) dalam kurikulum sebagai mulok. Akan tetapi belum juga tampak perubahan yang diharapkan.
Virus Cyling dimunculkan dalam upaya menangani masalah lingkungan terutama mengelola sampah sekolah. Diharapkan Kelompok siswa yang cinta lingkungan (Cyling) ini dapat melaksanakan tugasnya menyebarkan ilmu yang dia miliki berkenaan dengan kpeduliaan terhadap lingkungan. Kelompok kecil siswa yang cinta lingkungan tadi diibaratkan sebagai virusnya yang diberi nama Virus Cyling (Cinta Lingkungan). Virus Cyling tersebut harus memiliki kemampuan membuat turunan-turunannya untuk memperbanyak komunitas.
Pada akhirnya diharapkan dengan komunitas yang banyak maka terjadi posisi terbalik, kelompok siswa yang peduli lingkungan menjadi mayoritas. Dengan demikian, perilaku ramah lingkungan tercipta dengan sendirinya penuh kesadaran dari siswa sendiri.
Di semua sekolah siswa yang cinta lingkungan pasti ada, tapi keberadaanya sedikit dan menyebar sehingga tidak tampak komunitasnya. Selain itu mereka yang sepertinya tidak peduli lingkungan, sebetulnya karena ketidaktahuannya apa yang terjadi pada lingkungan, apa bahaya dan manfaatnya, bagaiman penangannya, sehingga mereka bingung harus berbuat apa.
Virus Cyling menghimpun mereka dengan penyampaian informasi seputar lingkungan dan permasalahannya. Metoda yang kami gunakan adalah :
a. Diklat (Pendidikan dan Latihan)
Diklat diberikan kepada perwakilan dari setiap kelas dalam rangka menjaring orang-
orang yang peduli lingkungan. Peserta diklat merupakan calon Virus Cyling F1
(turunan pertama).
b. Aksi Nyata
Aksi Nyata dilakukan oleh Virus Cyling F1 kepada teman-teman sekelasnya untuk
menerapkan ilmu yang diperolehnya di diklat dan menjaring siswa berikutnya yang
peduli lingkungan untuk dijadikan Virus Cyling F2.

Tidak ada komentar: