SELAMAT DATANG DAN TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA.....SALAM ZERO WASTE.....SEMANGAT !!!

Selasa, 27 Juli 2010

BAGAIMANA MENGURUS SAMPAH KITA ?

YANG PALING PENTING ADALAH JANGAN...
1. MEMBAKAR SAMPAH
asap dari pembakaran sampah mengandung racun-racun yang dapat mencemari udara yang kita hirup setiap saat dan dapat membuat kita sakit.
2. MENGUBUR SAMPAH
racun dalam sampah yang ditimbun akan meresap
kedalam tanah dan juga masuk kedalam air dibawahnya.
Hal ini akan merusak semua mahluk yang hidup di daerah itu.
3. BUANG SEMBARANGAN
racun dalam sampah akan mencemari tanah dan air menyumbat saluran air dan sungai sehingga terjadi banjir, juga mengganggu pemandangan.

SAMPAH ORGANIK
(sisa makanan, daun dll) bisa dipakai untuk kompos...bagus bagi tanaman!
SAMPAH LAINNYA
seperti ban bekas, ember, kaleng, botol, dll. Manfaatkan lagi, kalau tidak bisa hubungi organisasi yang bisa membantu untuk proses daur ulang.
SAMPAH KERTAS
bisa digunakan untuk membuat kertas daur ulang

Mengapa saya harus memilah sampah?
Saya tidak mau sakit, atau membuat yang lain sakit. Apa yang bisa saya lakukan dengan sampah saya? Ada beberapa cara untuk mengurangi dan mengelola sampah yg lebih baik.

Anda perlu tempat untuk setiap jenis sampah, seperti diatas.
PLASTIK adalah sampah yang paling berbahaya bagi manusia dan lingkungan hidup serta sangat sulit untuk didaur ulang. Kurangi penggunaan plastik sebisannya. Jika anda berbelanja, gunakan tas kain dan tolak tas kresek !

Mengurangi masalah sampah dan akibatnya!
Beberapa kenyataan tentang sampah dan akibatnya bagi manusia...
Kalau semua orang bisa mengerti tentang betapa bahayanya sampah, berusaha mengurangi & mengelola sampah mereka dengan baik, maka ada kemungkinan bumi kita bisa hidup terus!

Beritahu teman-teman & keluarga anda mengenai kenyataan tentang sampah dibawah ini, dan bagaimana mereka bisa membantu untuk mengawasi kelanjutan kehidupan semua.
1. Sampah plastik atau benda-benda yang mengandung plastik (tas kresek, kantong plastik, bungkus permen, kemasan styrofoam atau gabus) jika dibuang begitu saja kedalam tanah, baru akan hancur dalam waktu sekitar 200 hingga 400 tahun.
2. Membakar sampah plastik sama saja menambahkan racun yang sangat berbahaya pada udara yang setiap saat kita hirup karena asap hasil pembakaran tersebut mengandung racun kimia yang bisa menyebabkan antara lain penyakit pada saluran pernafasan, kanker paru-paru, dll.
3. Sisa makanan yang terbungkus rapat dalam kemasan plastik, setelah 10 tahun berada didalam timbunan sampah, jika pembungkusnya dibuka kembali, maka bentuknya masih tetap sama karena plastik pembungkusnya menghambat proses pembusukan yang seharusnya terjadi.

Kita harus berusaha bersama...
1 cloth bag replaces
1,000 plastic ones!
Ayo Kita Coba Menghitung Jumlah Sampah...

MULAI SEKARANG...MENGURANGI - MEMAKAI LAGI - MENDAUR ULANG

2 komentar:

magicdisc mengatakan...

iya bu, setuju!
lebih baik dari diri sendiri dulu lah bu...baru dh....

nur aqmarina alifah
XI-ips 1

Lisbio mengatakan...

iya Nur, kita buktikan tekad itu dalam aksi nyata, jadilah teladan untuk orang-orang di sekeliling kita. Ok !!
Wah, mading onlinenya keren juga... tapi serem ada magicnya....hehehe Klo itu mading untuk kelompok tulis nama anggotanya ya di profil untuk penilaian.
Nah, baca tugasnya atuh di laman TUGAS BIOLOGI di mading ibu...kerjakan ya. SEMANGAT !!!